Jun 12, 2006

Puding Strawberry

Bismillah..


Hari ahad ini aku berkesempatan ngublek-ngublek dapur. Sebenarnya dari kemarin pengen banget bikin es krim, tapi berhubung males nyari bahannya di supermarket, akhirnya aku coba-coba bikin puding aja.

Pas nyari resep di situs kue, nemu resep “Christmas Black Forest Puding” dan “Pinky Puding Multy Layer”. Tapi berhubung agak ribet, jadi aku cari resep lain di kumpulan resep yang aku punya. Aku dapet kumpulan resep ini dari email, udah lamaa… banget. Disitu ada 3 resep puding yang sepertinya menarik. Ada puding cokelat biskuit, puding busa coklat, dan puding cokelat saus moka. Tapi aku kepengen bikin puding yang ada saus-sausnya. So aku bikin Puding Cokelat Saus Moka deh. Tapi aku ganti jadi rasa strawberry. Pokoknya segala yang berbau cokelat aku ganti sama segala yang berbau strawberry…
Dan hasilnya… taraaa………



Oya, resep Puding Strawberry ini adalah…

Bahan :
600 ml susu cair
25 gr cokelat bubuk à aku ganti pake susu bubuk putih
100 gr cokelat masak pekat, cincang à aku ganti pake coklat masak warna putih
100 gr gula pasir
1 bungkus (7 gr) agar-agar bubuk putih à aku ganti agar-agar yang warna merah
2 kuning telur ayam, kocok

Saus :
500 ml susu cair
100 gr gula pasir
50 gr cokelat masak, cincang à diganti cokelat masak warna putih
1 sdm kopi bubuk à gak dipake
1 kuning telur ayam, kocok
1 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air

Cara membuat saus :

Rebus susu, gula, cokelat, dan kopi hingga mendidih
Ambil sedikit adonan panas, campur dengan kuning telur, aduk rata.
Tuangkan kembali ke adonan susu.
Tuangi larutan maizena, aduk-aduk hingga kental
Angkat dan dinginkan.

Cara membuat puding:

Taruh susu, cokelat bubuk, cokelat masak, gula dan agar-agar dalam panci.
Jerangkan di atas api sedang sambil diaduk-aduk hingga cokelat larut dan susu mendidih. Kecilkan api. Ambil sedikit adonan panas, campur dengan kuning telur hingga rata.
Tuangkan kembali ke dalam adonan susu. Masak hingga mendidih. Angkat.
Aduk-aduk hingga uapnya hilang, tuangkan ke dalam cetakan bervolume 125 ml yang sudah dibasahi air matang. Biarkan hingga dingin.
Simpan dalam lemari es hingga saat disajikan.
Sajikan puding dengan sausnya.

Selesai deh.

Seperti kubilang tadi, kalo ada resep2 coklatnya, aku ganti sama yang bau2 strawberry. Jadi aku tambahin deh tuh essence strawberry yang warnanya merah. Oya, buat hiasannya, di dasar cetakan puding aku kasih cherry yang dah dipotong melintang kecil-kecil.

Sayangnya, puding yang kubuat kemarin terlalu manis rasanya. Gimana ya…gara-gara kokinya udah manis sih…jadi kebanyakan manisnya deh ^_^ v
Akhirnya aku siasatin aja, sausnya gak boleh manis-manis banget. Oya, kata mama, jangan lupa tambahin garam sedikit di sausnya supaya gurih.

Pas aku makan…
Hmmm… enak n_n
Orang rumah dan temen-temen di kampus juga pada suka…
Tapi kemanisan :(
Tapi pas dimakan sama fla alias sausnya, jadi enak deh ^_^ Kemanisannya gak terlalu terasa. Yah, walau gak sehebat masakan di http://dapurbunda.blogspot.com, at least aku udah bisa bikin 1 makanan yang cukup enak.
Nyam…nyam…

Btw, ada yang mau coba membuat?

6 komentar:

Anonymous said...

nyam-nyam. enak amat kelihatannya. sayang potonya kabur tuh. btw mana link nasyid kembali ke masjidnya?

Anonymous said...

plok..plok..plok...gak nyangka ndra :P. boleh deh nih dipraktekin.

Anonymous said...

mau dongs pudingnyah ^ ^

Anonymous said...

wah ada resep bagus nih. thanks ya. sebenernya aku gak bisa masak puding tp ini resep buat Bunda.

Anonymous said...

Mba ana coba copy resepnya ya...

Anonymous said...

rasa dan penampilan harus seimbang. so, kayaknya nilai penampilannya kura ng deh, g bangeeettt gethooo (maap yahhh, terima masukan tha???))